Minggu, 22 September 2013

Keindahan Pantai Papuma

Pantai yang terletak di Kota Jember, Jawa Timur 



Keindahan wisata pantai di Indonesia satu persatu telah tereksploitasi, yaitu di provinsi yang berada di sebelah barat Bali. Di Jawa timur terdapat pantai dengan nama Pantai Papuma.

Letak pantai papuma kurang lebih 38 kilo dari kota jember, ke arah selatan atau lebih tepatnya terletak di desa Lojejer, Pamuma sebagai singkatan dari pasir putih malikan. Pasir pantainya memang berwarna purih dan memiliki karakter pasir yang mirip dengan telur. Pantai ini memiliki luar kurang lebih 35 hektar, garis pantai diawali dengan titik puncak tanjung papuma dan melingkat sepanjang 25 kilometer.


Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasana Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati.

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa, diantaranya :

1. Siti Hinggil, wisatawan dapat menikmati pesona keindahan laut dati siti hinggi yang lokasinya berada di ketinggian 100m dari permukan laut.

2. Keindahan alam, keindahan alam akan menyambut setiap pengunjung, kombinasi antara gugusan pulau dewa ( khrisna, Nada dan Bathara Guru, hutan dan laut.)

3. Goa lawa, kedalamannya kurang lebih 30 m yang dapat dicapai pada saat air laut surut (menurut legenda, lokasi ini merupakan tempat bersemayam Putri Penguasa Laut Selatan ”Dewi Sri Wulan” dan tempat bertapa Kyai Mataram)

Pemandangan alam di pantai papuma masih dibilang masih alami dan belum banyak tercemar. Gugusan hutan vegetasi dan pohon pantan yang mempercantik tepian pantai. Menjadi daya tarik wisata yang tidak akan membuat bosan.

Fasilitas pantai ini juga terbilang cukup lengkap, seperti pantai berkelas lainya, berikut beberapafasilitas yang bisa anda temukan di pantai papuma :

- Kios Makanan
- Kios Souvenir
- Shelter
- Listrik/Air
- Musholla
- Jalan Aspal
- Jalan Lintas dan Pendakian
- Tempat Istirahat/Balairung
- Bumi Perkemahan
- Gazebo
- Playground
- MCK
- Telepon Umum
- Areal Parkir
- Playground

Pantai yang nyaman dan asri ini sering digunakan untuk berjemur oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri, ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Bagi wisatawan Manca yang ingin berjemur di atas pasir putih adalah hal yang sangat menyenangkan.

Untuk lebih menambah khas suasana di Papuma,  disediakan penginapan dan rumah makan yang menyediakan makanan Indonesia dan Ikan Bakar Khas Papuma, Dan juga Socel khas Papuma "Soto Pecel"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar